PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK TAAM ADINDA KEPATIHAN MENGANTI GRESIK

Muhammad Syaikhon

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif
dengan judul Penanaman Nilai-nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini di TK TAAM Adinda Menganti
Gresik yang bertujuan untuk 1) mengetahui apa saja nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan pada
anak usia dini di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik, 2) mengetahui bagaimana metode
penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti
Gresik, 3) mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat penanaman nilai-nilai agama
Islam pada anak usia dini di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik. Penelitian ini berusaha
melihat secara mendalam dan memaparkan pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam kepada
anak usia dini di TK TAAM Adinda Menganti Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah:
1) Nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan di TK TAAM Adinda Menganti Gresik adalah nilai
aqidah, syari’ah (ibadah), dan akhlak. Ketiga nilai tersebut tercover dalam beberapa materi, yaitu
aqidah, fiqh, akhlak, asmaul husna, do’a harian, hadis pilihan, sejarah Islam, membaca al-Qur’an
dan bahasa Arab. 2) Metode yang diterapkan adalah metode bermain, metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. 3) Faktor pendukung
dalam penanaman nilai-nilai Islam ini di antaranya adalah pendidik memiliki kemampuan dalam
menyampaikan ajaran agama Islam, peserta didik dapat meniru gerakan dalam beribadah walaupun
belum teratur, dan memiliki buku-buku Islami sebagai penunjang. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah peserta didik mudah tidak fokus, terbatasnya jumlah pendidik yang menyebabkan kelas
kurang kondusif, kurangnya persediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran,
terbatasnya media pembelajaran sehingga metode yang digunakan dalam pembelajaran pun kurang
bervariasi, dan perbedaan latar belakang keluarga dalam pemahaman agama

Keywords


nilai; Islam; anak; TK; TAAM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EDUCATION AND HUMAN DEVELOPMENT JOURNAL HAS INDEXED BY:

Image result for google scholar