PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL AND TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 1 SOKO

Lilik Endrawati, Ririn Andriayani, Siti .

Abstract


Studi ini menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Studi ini dilakukan
dengan tujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa XI IPS 3 SMA Negeri 1 Soko. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dan dipahami dengan menggunakan metode Contextual and
Teaching Learning (CTL) motivasi belajar meningkat dengan dibuktikan siswa aktif dalam pembelajaran. Selain itu, dalam melakukan eksplorasi, inkuiri, evaluasi, dan generalisasi terhadap masalah
dalam materi pembelajaran siswa cenderung tekun. Lebih lanjut siswa juga menunjukkan minatnya
terhadap pemecahan masalah. Sesuai dengan pendapat A.M. Sardiman (2003:83) motivasi memiliki
beberapa ciri, salah satunya tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus menerus dalam waktu
yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai). Ciri yang lain yakni, mewujudkan minat terhadap
pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar mulai dari
pra-siklus, siklus I sampai pada siklus II. Data yang diperoleh dari hasil observasi awal (pra-siklus)
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Soko motivasi tinggi sebanyak
19,36%. Sedangkan tingkat skala motivasi situasional pada siklus I yakni kategori motivasi belajar
siswa tinggi sebanyak 45,16%. Peningkatan motivasi terlihat signifikan pada proses pembelajaran
siklus II. Kategori motivasi belajar siswa tinggi pada siklus II sebanyak 87,10%. Berdasarkan hasil
penelitian, selain ada peningkatan motivasi belajar siswa, juga ada peningkatan hasil belajar siswa
dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Data perolehan hasil belajar pra-siklus dapat diidentifikasi
peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 3 orang atau setara dengan 11,11%. Sedangkan pada
siklus I data dapat diidentifikasi peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 12 orang atau setara
dengan 38,70%. Peningkatan hasil belajar secara signifikan hasil belajar siswa yakni pada siklus II.
Berdasarkan data dapat diidentifikasi siswa yang memperoleh nilai tuntas 29 orang atau setara
dengan 93,55%

Keywords


contextual teaching and learning, motivasi; hasil belajar; penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EDUCATION AND HUMAN DEVELOPMENT JOURNAL HAS INDEXED BY:

Image result for google scholar