PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SAINS ANAK TK A DI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN

Devy Intan Pujiawati

Abstract


Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bentuk rancangan nonequivalent
control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Handayani dan kelompok A
TK Dharma Wanita dengan jumlah sampel penelitian 80 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan
teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi perkembangan kognitif dan
sains dan sains. Pada penelitian ini, analisis data dilakukan menggunakan SPSS 22 For Windows
dengan menggunakan uji ANOVA dan MANOVA. Berkaitan dengan tujuan: (1) ada pengaruh
perkembangan kognitif terhadap penguasaan konsep bilangan anak TK A di Kecamatan Magetan
Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji ANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 256.183
lebih besar daripada Ftabel 3,11 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,005) (2) metode
eksperimen berpengaruh terhadap perkembangansains anak TK A di KecamatanMagetan Kabupaten
Magetan, hal ini terbukti dari uji ANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 273.140 lebih
besar daripada Ftabel 3,11 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,005) (3) metode eksperimen
berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan sains anak TK A di KecamatanMagetan Kabupaten
Magetan, hal ini terbukti dari uji MANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 164.637 dengan
signifikansi sebesar 0,00. Nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel 3,11 dengan taraf 5% atau 0,05.

Keywords


metode eksperimen; perkembangan kognitif; perkembangan sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EDUCATION AND HUMAN DEVELOPMENT JOURNAL HAS INDEXED BY:

Image result for google scholar