PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RPPH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI PAUD AS-SAJIDAH DRIYOREJO GRESIK

Nafiah ., Sri Hartatik

Abstract


Tujuan penelitian adalah meningkatkan kompetensi guru membuat RPPH di Paud AsSajidah Driyorejo Gresik melalui supervisi klinis. Penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah
(PTS). Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi disertai dengan evaluasi
dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah checklist dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah disimpulkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan
kompetensi guru membuat RPPH. Hal itu dilihat dari peningkatan guru dari siklus ke siklus. Pada
pra-siklus kemampuan guru membuat RPPH dari tujuh komponen yang harus ada dalam RPPH
menunjukkan nilai rata-rata pe komponen dari guru pada pra siklus adalah 27,6%. Setelah diadakan
supervisi klinis, meningkat menjadi 67,6% pada siklus pertama, dan pada siklus kedua juga mengalami
peningkatan pula menjadi 89,49%. Peningkatan tersebut melebihi kriteria keberhasilan penelitian
tindakan yang ditargetkan yaitu 81%.

Keywords


supervisi klinis; kompetensi guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EDUCATION AND HUMAN DEVELOPMENT JOURNAL HAS INDEXED BY:

Image result for google scholar