PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Ima Yusnia Anita Sari, Atrup ., Nora Yuniar Setyaputri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan ketika melakukan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL 2), tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam bergaul dan berkomunikasi
dengan temannya meskipun dalam satu kelas, kurang adanya keterbukaan dalam menyampaikan
pendapat, dan kurang adanya penghargaan terhadap pendapat teman lain. Hal ini menunjukkan
kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa di SMAN 3 Kota Kediri. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap
kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/
2017. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan teknik penelitian pre-eksperimental
designs dengan bentuk one-group pretest-posttest, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 32 siswa dari populasi 200 siswa pada kelas X di SMAN 3 Kota Kediri. Instrumen penelitian
ini menggunakan skala psikologi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data
statistik. Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi di SMAN 3 Kota
Kediri yang dilakukan peneliti kurang maksimal karena situasi dan kondisi yang tidak kondusif.
Kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebagian besar sudah baik, namun masih ada beberapa
yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai p-value (0,000)
<α0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima, yaitu layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh
terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kota Kediri. Berdasarkan
simpulan dari penelitian ini, jika penelitian dapat terarah dengan baik dan dalam situasi yang
kondusif, maka akan memberikan hasil yang optimal. Sehingga menurut hasil penelitian ini,
bimbingan kelompok teknik diskusi memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN 3 Kota Kediri. Dengan demikian, saran yang dapat diberikan
yaitu hendaknya kegiatan diskusi dilakukan dengan sebaik dan sekreatif mungkin agar maksud dan
tujuan diskusi dapat tercapai

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.