PENGGUNAAN PERMAINAN LEGO DALAM BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA

Berda Asmara

Abstract


Pendidikan anak usia dini atau usia prasekolah adalah tempat bagi anak untuk mengantarkan
perkembangan dan pertumbuhan anak dalam meningkatkan kecerdasan, keterampilan, daya cipta,
pengetahuan, dan kemandirian sejak dini dengan cara bermain sambil belajar atau belajar secara
bermain. Melalui pembelajaran PAKEM dapat dilaksanakan kegiatan bermain lego merupakan
media permainan yang sangat menarik bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penggunaan permainan lego dalam pengembangan kognitif untuk meningkatkan kreativitas anak
usia dini di PPT Permata Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode
tanda bintang observasi. Dan dalam penelitian ini yang diteliti adalah anak usia dini di PPT Permata
Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya. Bidang pengembangan kognitif Semester I kelompok A dan
B menggunakan tema “Diri Sendiri” dengan menggunakan sistem kolaborasi yaitu guru kelompok
A dan B dalam Semester II. Hasil penelitian ini adalah hasil pemantauan observasi I belum baik,
karena anak baru mengenal permainan lego belum aktif sehingga kurang kreatif. Hasil pemantauan
observasi ke II hasilnya baik aktivitas dan kreativitas anak mulai meningkat, karena anak mulai
terbiasa menggunakan permainan lego. Hasil pemantauan observasi ke III hasilnya baik karena
anak aktif dan kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan lego dalam
pengembangan kognitif dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di PPT Permata Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EDUCATION AND HUMAN DEVELOPMENT JOURNAL HAS INDEXED BY:

Image result for google scholar