MODEL INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING BERBASIS BIMBINGAN KONSELING KOMPREHENSIF

Slamat Fitriyadi, Iip Istirahayu

Abstract


Guru bimbingan dan konseling merupakan bagian dari sistem pendidikan yang ada di
sekolah menengah pertama maupun atas. Program BK yang dilaksanakan sekolah harus lebih komprehensif dengan tujuan dapat menjangkau seluruh peserta didik dan lingkungan peserta didik. Atas
dasar itu maka kinerja guru BK harus dinilai, untuk menilai kinerja guru BK diperlukan instrumen
penilaian kinerja guru BK berdasarkan program BK Komprehensif yang telah dibuat. Tujuan penelitian
ini adalah: (1) menggambarkan instrumen penilaian kinerja guru BK faktual, (2) menghasilkan
model instrumen penilaian kinerja guru BK yang Komprehensif, (3) menilai kelayakan model instrumen penilaian kinerja guru BK berbasis BK Komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
Research and Development (R&D) dengan tahap: (1) studi pendahuluan, dilakukan terhadap guru
BK, Koordinator BK, kepala sekolah, Pengawas SMAN Kota Magelang, (2) pengembangan model
IPKGBK berbasis BK Komprehensif melibatkan para pakar dan praktisi yang terdiri dari 2 validator
ahli bidang manajemen BK dan validator praktisi yang terdiri dari koordinator BK dan Guru BK di
SMA Negeri 1 dan 2 Kota Magelang, (3) kelayakan model instrumen penilaian kinerja guru BK
berbasis BK Komprehensif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, diskusi, dan pengamatan dokumen faktual. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Hasil studi pendahuluan
menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara IPKGBK Faktual dengan program bimbingan konseling
komprehensif yang dibuat dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan 2 Kota Magelang. Hal ini terlihat
dari komponen isi item pernyataan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut yang
belum menggambarkan secara jelas penilaian kinerja guru BK yang telah melaksanakan program BK
Komprehensif. Hasil pengembangan menunjukkan IPKGBK pengembangan layak dan sesuai dengan
pelaksanaan program BK komprehensif yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan 2 Kota
Magelang. Kepala Sekolah atau Koordinator BK perlu menggunakan instrumen penilaian kinerja
guru BK berbasis BK Komprehensif untuk menilai kinerja guru BK yang sudah menerapkan program BK Komprehensif, dan Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan
dalam buku kerja pengawas sekolah, serta menyeragamkan bentuk IPKGBK Komprehensif untuk
sekolah-sekolah yang telah melaksanakan program BK Komprehensif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




EDUCATION AND HUMAN DEVELOPMENT JOURNAL HAS INDEXED BY:

Image result for google scholar