PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS KARYA ILMIAH

Bayu Dwi Nurwicaksono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akumulasi nilai kognitif, afektif, dan
psikomotorik siswa dalam pembelajaran menulis karya ilmiah, yakni 63,45. Padahal berdasarkan
tes awal, siswa memiliki potensi dalam pengembangan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi menulis karya ilmiah dengan menerapkan
kolaborasi strategi metakognitif. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif. Subjek penelitiannya ialah siswa kelas XI IPA-2 SMA Trisila Surabaya. Instrumen yang
digunakan ialah tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan signifikan dari nilai akhir rata-rata siswa pada siklus 1 yang mencapai 72,97 dengan
jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebanyak 82,05% ke nilai akhir rata-rata siswa pada siklus 2
yang mencapai 87,07 dengan jumlah siswa telah tuntas belajar sebanyak 100%. Oleh karena itu,
strategi kolaborasi metakognitif ini disarankan dapat digunakan guru dalam pembelajaran menulis
karya ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.