Korelasi Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Luas Tabung Di Kelas IX SMP Islam Surabaya

Handono, Mohammad Taufiq

Abstract


Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dalam
upaya penguasaan IPTEK. Mengingat begitu pentingnya ilmu matematika, maka proses
pembelajaran matematika pada siswa perlu mendapatkan perhatian yang khusus. Oleh karena
itu guru juga harus dapat memilih metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode
pembelajaran yang sesuai untuk memudahkan siswa dalam belajar matematika adalah dengan
menggunakan media pembelajaran Audio Visual, karena media tersebut sangat menarik
karena didalamnya terdapat animasi, gambar, audio, visual yang dapat membantu siswa untuk
memvisualisasikan konsep matematika secara realistik. Berdasarkan uraian di atas, maka
penulis mengangkat judul dalam penelitian ini sebagai berikut: Korelasi Respon Siswa
Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Luas Tabung Di Kelas IX SMP Islam Surabaya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif non parametris
dengan menggunakan analisa data korelasi Spearman Rank untuk pengujian Hipotesis.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Surabaya, sedangkan sampel dari
penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Islam Surabaya yang berjumlah 40 siswa.
Adapun hasil analisa dari penelitian ini adalah semakin meningkat prosentase yang diperoleh
dari hasil angket respon siswa maka semakin meningkat pula nilai prestasi belajar siswa
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara respon siswa terhadap penggunaan
media pembelajaran Audio Visual (X) dengan prestasi belajar (Y) siswa kelas IX SMP Islam
Surabaya dan dari hasil penghitungan statistik nilai korelasinya positif dan lebih besar dari
5% yaitu 0,968 maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan.
Kata kunci: Media pembelajaran Audio Visual, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.