Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Pada Konsep IPA

Anggun Winata, Ifa Seftia R., Sri Cacik

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui kemampuan awal literasi
sains mahasiswa PGSD UNIROW pada konsep IPA yang terdiri dari tujuh indikator yaitu 1)
mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid 2) melakukan penelusuran literatur yang efektif
3) memahami elemen-elemen desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap temuan/
kesimpulan 4) membuat grafik secara tepat dari data; 5) memecahkan masalah menggunakan
keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar; 6) memahami dan menginterpretasikan
statistik dasar; 7) melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data
kuantitatif. Studi ini merupakan bagian dari studi pengembangan perangkat pembelajaran
untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Tes kemampuan literasi sains yang disusun
berjumlah dua puluh lima butir soal. Kemampuan awal literasi sains yang dianalisis
merupakan kemampuan literasi sains mahasiswa sebelum diterapkan suatu model yang
diduga dapat mengembangkan kemampuan literasi sains mahasiswa. Hasil analisis
menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa yang lebih tinggi adalah indikator
melakukan penelusuran literatur yang efektif dengan presentase sebesar 40,15%. Sedangkan
hasil analisis kemampuan literasi sains mahasiswa yang lebih rendah adalah indikator
memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar dengan
presentase sebesar 6,82%. Hasil yang diperoleh sesuai dengan hasil surve PISA tahun 2003,
2006, 2009 dan 2012 serta hasil surve TIMSS tahun 2007dan 2011 Indonesia menunjukkan
kemampuan dari siswa di Indonesia termasuk dalam kategori rendah.


Kata Kunci:Kemampuan awal, literasi sains, konsep IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.