Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang

Ina Agustin

Abstract


Penyelenggaraan pendidikan inklusi merupakan suatu sistem layanan pendidikan
khusus yang mensyaratkan agar semua anak berkebutuhan kbusus mendapatkan layanan
pendidikan di kelas yang sama bersama siswa reguler. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui implementasi manajemen pendidikan inklusi dan kendala yang dihadapi dalam
implementasi manajemen pendidikan inklusi di SDN Sumbersari 1 Malang. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas, guru
pembimbing khusus dan orang tua murid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
Implementasi dari manajemen pendidikan inklusi dapat dilihat dari jumlah siswa
berkebutuhan khusus pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 19 orang, mempunyai 2 (dua)
tenaga guru pembimbing khusus, serta kurikulum yang sudah dimodifkasi menurut
kebutuhan peserta didik. 3) Kendala dari program pendidikan inklusi adalah pembiayaan
pendidikan, dan beberapa sarana dan prasarana belum memadai serta kurangnya tenaga guru
pendamping.


Keywords: Manajemen, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.