Pengembangan Assesmen Afektif Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 2 Majene

Jirana, Khalifah Must, Suradi Tahmir

Abstract


Hasil belajar dipandang sebagai akibat proses belajar dan pencapaian hasil belajar
lebih banyak ditentukan oleh proses pembelajaran. Penilaian bertujuan mengetahui hasil
belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
mengembangkan assesmen afektif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek melalui
model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation. Subjek uji coba adalah siswa SMA
Negeri 2 Majene kelas X1 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara dan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Teknik analisis data dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis Validitas dengan Correlate Bivariate
Pearson diperoleh nilai korelasi untuk setiap butir soal yang lebih besar dari 0,3 dengan nilai
korelasi berdasarkan SPSS lebih kecil dari 0,05. Tingkat reliabilitas lebih besar 0,70 yaitu
masing-masing 0,798, 0,804, dan 0,811. Melalui wawancara siswa berpendapat bahwa
pembelajaran ini menyenangkan, hal ini menyebabkan nilai siswa pada setiap pertemuan
meningkat.
Kata Kunci: Assesmen, Afektif, Pembelajaran Proyek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.