PEMBERDAYAAN BUNDA POS PAUD TERPADU KOTA SURABAYA MELALUI KETERAMPILAN BERBAHASA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Rudi Umar Susanto, Fifi Khoirul Fitriyah

Abstract


Salah satu aspek yang perlu dikembangkan dan dipelajari sejak dini adalah bahasa. karena pada usia ini anak akan
mengoptimalkan seluruh pengetahuannya, hal ini yang nantinya akan menentukan keberhasilan anak pada tahapan
berikutnya. Dan keberhasilan itu bisa dilihat dari perkembangan bahasa yang digunakanya untuk berkomunikasi. Untuk
itu pada masa ini anak akan belajar selain bahasa ibu (pertama). Selain itu otak anak akan dapat dengan mudah menyerap
bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan apabila telah melalui dan menyelesaikan sebuah proses, proses yang
harus dilalui dalam bahasa dan berbahasa ialah empat aspek keterampilan berbahasa. Aspek membaca, menulis,
berbicara, dan menyimak. Keempat aspek ini bukan hanya mendukung dalam ruang lingkup berbahasa saja melainkan
dalam ruang lingkup kehidupan pun saling berhubungan erat. Adapun fokus pengabdian untuk meningkatkan
pemahaman sekaligus keterampilan berbahasa yang dimiliki bunda Pos PAUD Terpadu (PPT) Kecamatan Kenjeran Kota
Surabaya guna ditransferkan kepada anak-anak usia dini. Metode pelaksanaan dalam program pengabdian kepada
masyarakat melalui Pendampingan para Bunda PPT Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya dalam membuat konsep dan
praktik keterampilan berbahasadi Paguyuban PPT Kecamatan Kenjeran Kota Surabayaini melalui 3 (tiga) tahap yaitu:
Pra Kegiatan, (Rapat strategi pelaksanaan, Survei lokasi, Persiapan sarana dan prasarana), Pelaksanaan Kegiatan, Pasca
Kegiatan. Hasil dari pengabdian ini, bertambahnya pengetahuan dan pemahaman bagi bunda-bunda paguyuban dalam
menanamkan kemampuan atau keterampilan berbahasa bagi anak-anak usia dini yang dapat menumbuhkan keterampilan
berbahasa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.